• Bahasa Indonesia
  • English
  • Deutsch

Jokowi Terus Genjot Pembangunan Trans Papua

Saat kunjungannya pada tanggal 21 Desember 2017 lalu, Presiden Jokowi melihat secara langsung perkembangan pembangunan jalan Trans Papua, khususnya pada Segmen I ruas Sorong-Manokwari 594 Km. Rombongan Presiden Jokowi beserta rombongan pejabat pusat yang terkait disambut oleh para pejabat daerah yang antusias melihat perhatian besar Presiden Jokowi terhadap pembangunan di Indonesia Timur, khususnya Papua dan Papua Barat. Sekda Sorong Selatan, Dance Y. Flassy yang turut menyambut rombongan Presiden dalam kesempatan perbincangan menegaskan manfaat dan harapan besar akibat pembukaan dan penguatan akses melalui Trans Papua Sorong-Manokwari ini. Apresiasi juga ditujukan kepada TNI yang telah memberikan sumbangsihnya dalam membuka lahan yang sangat menantang di wilayah ini (foto: Panglima TNI, Hadi Tjahjanto bersama Sekda Sorsel, Dance Y. Flassy).  Selain dalam konteks pembangunan, rakyat Sorong Selatan dan TNI memiliki ikatan bathin yang erat a.l. melalui peristiwa bersejarah dalam menjaga keutuhan NKRI berupa pengibaran Sang Saka Merah Putih oleh para penerjun payung Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) yang saat itu dilakukan di kampung Wersar, Distrik Teminabuan - Sorsel  (18 Mei 1962). Di Teminabuan sudah direncanakan akan dibangun produksi energi Listrik dengan tenaga air berkapasitas tinggi. Hal ini diharapkan akan mendorong berbagai sektor pembangunan, khususnya di sektor pariwisata ditambah pengembangan pangkalan TNI AU untuk dukungan logistik dan pertahanan - keamanan. Pembangunan Trans Papua di Papua Barat sendiri akan mencakup jalan sepanjang 1.070,62 Km. Berbagai tantangan, seperti hutan yang lebat, kontur alam, kondisi lahan dan cuaca menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam dinamika pembangunan Trans Papua.

Pembukaan hutan di Papua Barat dilakukan untuk membangun jalan Trans Papua Segmen I ruas Sorong-Manokwari 594 km. (Foto: Pool/BP Jalan Nasional XVII Papua Barat).

 

Saat ini sudah dapat dinikmati mulusnya jalan Trans Papua di Papua Barat ruas Sorong Klamono batas Kabupaten Sorong Selatan. (Foto: Pool/BP Jalan Nasional XVII Papua Barat).

 

 

Design & Development by Teramatics
Clicky Web Analytics