• Bahasa Indonesia
  • English
  • Deutsch

KERJASAMA PEMERINTAH & SWASTA DALAM ADAPTASI DAN MITIGASI PERUBAHAN IKLIM: PENGALAMAN KOTA ROTTERDAM

 Oleh: Adji Krisbandono
Rotterdam dikenal sebagai salah satu kota yang cukup penting dalam tatanan
perkotaan, tidak hanya dalam lingkup Belanda, tetapi juga di Eropa. Beberapa
keunggulan yang dimilikinya antara lain keberadaan pelabuhan internasional (Port of Rotterdam) yang menjadikan kota ini sebagai pintu gerbang serta pusat transportasi logistik dan kawasan industri.

Dalam lingkup strategis regional, Rotterdam juga termasuk salah satu dari konstelasi empat kota besar di Belanda yang biasa disebut Ranstad Region. Menurut Rencana Tata Ruang Wilayah 2040 Ranstad Holland atau Ranstad Region, wilayah ini merupakan salah satu dari beberapa kota metropolis yang cukup memegang peranan penting dalam pengembangan spasial dan ekonomi kota di Belanda. Aliansi yang terdiri atas empat kota besar yakni Amsterdam, Den Haag, Rotterdam, dan Utrecht ini telah ditetapkan sebagai “Dutch Metropolis” sejak 1966. Menjadi salah satu kota berpredikat internasional tidak lantas membuat Rotterdam “lupa diri”. Berbagai dampak, tuntutan, dan konsekuensi akan selalu melekat, tak terkecuali dampak dari perubahan iklim. Mengingat pesatnya pertumbuhan industri di Rotterdam, maka konsumsi energi merupakan isu yang tak terelakkan. Bahkan berbagai konferensi serta forum ilmiah tingkat internasional mengenai perubahan iklim-pun kerap digelar di kota ini. Hasil studi menyebutkan bahwa Uni Eropa (UE) berkontribusi atas 15% – 20% emisi gas rumah kaca dunia (Victor, 2006; RCI, 2007). Oleh karena itu seluruh negara anggota UE telah bersepakat akan mengambil bagian dalam aksi kolektif ini dengan menetapkan target pengurangan emisi CO2 sebesar 20%. Pemerintah nasional Belanda sendiri mentargetkan reduksi CO2 sebesar 30% dibandingkan dengan tahun 1990.
Jadi setidaknya, ada tiga tantangan yang harus dijawab oleh pemerintah kota Rotterdam saat ini dan di masa depan, yaitu bagaimana mewujudkan kesinambungan perkembangan ekonomi kota, meningkatkan  kualitas lingkungan perkotaan dan hidup warga kota, serta menjawab tantangan mantan presiden Amerika Serikat Bill Clinton untuk mewujudkan Rotterdam yang lebih bersih di masa depan.  
Simak edisi lengkap dengan men-download file terlampir!

SisipanUkuran
KERJASAMA PEMERINTAH & SWASTA di Rotterdam.pdf157.91 KB

 

Design & Development by Teramatics
Clicky Web Analytics