• Bahasa Indonesia
  • English
  • Deutsch

NSLIC/NSELRED Mendukung KEMENTERIAN DALAM NEGERI Pada Penguatan Kerja Sama Daerah Untuk Peningkatan Pelayanan Dan Investasi di Daerah

Senin, 4 Maret 2019 Kementerian Dalam Negeri melaksanakan Rakor Penyusunan Tools Penilaian Kapasitas Potensi Kerjasama Daerah yang diikuti oleh 42 Kabupaten/Kota. Kegiatan ini didukung oleh NSLIC/NSELRED yang saat ini sedang giat mendorong penguatan dan pengembangan perekonomian wilayah yang berdaya saing dan berkelanjutan di beberapa wilayah kerjanya. Direktur Direktorat Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan dan Kerjasama Daerah, Sugiarto SE, M.Si pada pengarahannya menyampaikan urgensi dari penguasaan berbagai tools yang relevan untuk dikuasai oleh daerah dalam rangka pemanfaatan pendekatan Kerja Sama Daerah (KSD) sebagai salah satu intrumen strategis pembangunan. Seiring dengan diberlakukannya PP Nomor 28 Tahun 2018 Tentang Kerja Sama Daerah yang merupakan penyempurnaan dari PP Nomor 50 Tahun 2007 Tentang Tata Cara Kerja Sama Daerah, maka setiap daerah diharapkan tidak ragu lagi untuk memanfaatkannya dalam rangka memperkuat pelayanan publik dan bahkan mengembangkan daya saing pembangunan daerah. Untuk itu Kemendagri juga melalui berbagai kesempatan, diantaranya seperti pada acara rakor ini memperkenalkan berbagai tools yang relevan agar kapasitas daerah dalam menyelenggarakan KSD ke depan semakin meningkat. 

Dalam sambutannya, Direktur NSLIC/NSELRED Rino A. Sa’danoer menyampaikan harapannya agar daerah-daerah yang turut berpartisipasi dalam Rakor dapat memanfaatkan momentum yang berharga ini untuk meningkatkan kapasitasnya dan pada gilirannya dapat meningkatkan efektifitas kerja sama daerah. Dalam konteks pemanfaatan KSD, saat ini NSLIC/NSELRED sedang fokus bekerja di 2 Provinsi, yaitu di Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Tenggara. Berbagai pembelajaran, termasuk pemanfaatan berbagai tools maupun moduls KSD dari hasil pendampingan di kedua wilayah ini diharapkan dapat dimanfaatkan juga oleh daerah-daerah lain. 

Ir. F.X. Djatmiko Winahjoe MP selaku Kepala Subdit Kerjasama dan Penyelesaian Perselisihan Antar Daerah Kemendagri, dalam paparannya menyampaikan pentingnya Kerja Sama Daerah dalam menguatkan sinergitas pelayanan dan percepatan pembangunan disetiap daerah. Saat ini - dalam konteks payung regulasi dan kebijakan - KSD semakin mendapat perhatian yang besar. Kerjasama dengan NSLIC/NSELERED diharapkan dapat terus berlanjut, khususnya dalam rangka memberikan pendampingan dalam perbaikan dan penguatan regulasi, kebijakan, perencanaan dan kelembagaan/SDM – baik pusat dan daerah.  

Tim NSLIC/NSELRED berkesempatan memfasilitasi diskusi dalam rangka penyusunan tools Penilaian Kapasitas KSD yang melibatkan para peserta rakor tersebut. Melalui penilaian kapasitas KSD diharapkan setiap daerah dapat memiliki potret kapasitas KSD yang dapat memperlihatkan status dari berbagai komponen penting yang berpengaruh pada kapasitas KSD di suatu daerah. Ada 6 komponen kapasitas yang dibahas, yaitu kapasitas regulasi, kebijakan, perencanaan, kelembagaan, SDM dan sosial budaya. Pada setiap komponen melekat berbagai aspek yang relevan untuk kemudian diberi pembobotan untuk dinilai. Tim NSLIC/NSELRE selanjutnya memperkenalkan tools perencanaan KSD untuk mengidentifikasi potensi dan sekaligus isu strategis KSD dalam konteks Kerja Sama Antardaerah (KAD) secara kewilayahan. Tools ini merupakan jawaban dari kesulitan daerah dalam melakukan identifikasi potensi sekaligus isu strategis KAD sebagai salah satu modal dasar yang sangat menentukan bagi terwujudnya efektifitas KSD. Pembelajaran di masa lalu telah memperlihatkan banyak daerah yang keliru memastikan prioritas KSD yang memiliki landasan kuat bagi terciptanya KSD yang saling menguntungkan. Kelemahan dalam memastikan isu bersama mengakibatkan banyak KSD berhenti hanya pada tataran MoU saja. Dengan pemanfaatan tools ini diharapkan KSD yang melibatkan beberapa daerah dapat mengidentifikasi isu bersama yang menjadi prioritas dan sekaligus menjadi perekat berlandaskan komitmen bersama. Sudah menjadi maklum, bahwa komitmen bersama merupakan kata kunci bagi suksesnya sebuah kerja sama daerah. (M. Hidayatullah/4/Maret/2019)

 

 

Design & Development by Teramatics
Clicky Web Analytics