• Bahasa Indonesia
  • English
  • Deutsch

Papua Barat Berdayakan Sinkronisasi Pelayanan dan Pembangunan

Melalui Rapat Kerja (Raker) Gubernur dan para Bupati/Walikota se Provinsi Papua Barat yang diselenggarakan pada tanggal 29 s/d 30 April 2019 di Teminabuan, Kabupaten Sorong Selatan telah disepakati berbagai aspek penting terkait peningkatan pelayanan publik dan pembangunan di wilayah Papua Barat. Raker dibuka dan dipimpin langsung oleh Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan serta Wakil Gubernur Mohamad Lakotani bersama Sekda Nataniel D. Mandacan yang secara marathon melakukan pembahasan isu-isu strategis bersama para Bupati dan Walikota se Provinsi Papua Barat.   

Berbagai paparan yang disampaikan pada kesempatan Raker, a.l. terkait Bencana oleh BNPB, Kamtibmas oleh Kodam Kasuari, Aparatur Sipil Negara oleh Komisi ASN, Pemeritahan Desa oleh Kemendagri, aspek Keuangan Daerah oleh BPKRI turut memperkaya kegiatan tahunan yang difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat ini.  Dari Raker ini dibahas 10 isu-isu,  yaitu (1) Evaluasi terhadap guru honorer SMA/SMK, (2) Penyelesaian ganti rugi tanah SMA/SMK dibawah tahun tahun 2017 menjadi tanggungjawab pemkab/walikota (3) Penyelesaian batas kabupaten dan Kota yang belum selesai (4) index IPM Provinsi yang masih rendah (5) Pemberdayaan pengusaha Orang Asli Papua (OAP), (6) Pendapataan/sensus OAP agar ada komitmen bersama untuk waktu pelaksanaan dan pembiayaan, (7) Perbaikan kualitas dan peringkat laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah (LPPD) Kabupaten, Kota dan Provinsi. (8) Membangun komitmen bersama Gubernur, Bupati dan Walikota tentang Papua Barat Tanpa Miras-Narkoba Lem Aibon-KDRT dan Kekerasan pada Anak. (9) Perjanjian kerja sama antara pemerintah provinsi Papua Barat dan Universitas Indonesia tentang Pembinaan dan Pengampuan Program Studi pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Papua oleh Fakultas Kedokteran UI, berakhir tahun 2019. (10) Kepatuhan terhadap laporan harta kekayaan penyelenggara Negara (LHKPN) oleh KDH/WKDH, ASN/PNS yang wajib di Provinsi Papua Barat masih rendah.

Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan melalui Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli pada sambutannya sebagai tuan rumah diselenggarakannya Raker ini menyampaikan penghargaan dan antusiasme masyarakat dalam menyambut event penting ini. Seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Sorsel turut bekerja dan mendukung untuk suksesnya acara ini. Sekda Sorsel Dance Y. Flassy berharap dengan lancarnya pembahasan pada setiap tahapan baik dalam forum diskusi KDH, pemaparan maupun pembahasan pada komisi-komisi dapat dihasilkan kebijakan yang semakin mendorong penguatan pelayanan publik dan pembangunan di Provinsi Papua Barat. 

Selama dua hari penuh pembahasan dilakukan dengan seksama sehingga pada akhir kegiatan telah berhasil ditandatangani kesepakatan bersama - disaksikan oleh Ketua DPRD Provinsi Papua Barat. Keberadaan dan peran aktif Gubernur beserta jajarannya dalam mengampu kegiatan Raker sejak awal hingga akhir acara memperlihatkan keseriusan sekaligus antusiasme penyelenggaraan Raker di Teminabuan, Sorong Selatan ini. Atas partisipasi aktif dan kerja keras dari seluruh pihak yang terlibat, maka Raker ini dapat terlaksana sesuai harapan. Untuk pelaksanaan Raker tahun 2020 secara aklamasi disepakati akan diselenggarakan di Kabupaten Teluk Wondama.

 

Design & Development by Teramatics
Clicky Web Analytics