• Bahasa Indonesia
  • English
  • Deutsch

Sorong Selatan Dorong Pemberdayaan Ekonomi Lokal Berbasis Budaya

Pemberdayaan ekonomi masyarakat adalah upaya pengerahan sumber daya lokal untuk mengembangkan potensi daerah agar produktifitas meningkat berikut kesejahteraan masyarakatnya. Tujuannya adalah meningkatnya kualitas sumber daya manusia dan pemanfaatan sumber daya alam yang terdapat di sekitarnya secara berkelanjutan.

Ada berbagai manfaat yang diperoleh melalui pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat ini, seperti kemandirian, mendorong pertumbuhan, penguatan struktur ekonomi, penguatan jejaring, mendorong pertumbuhan usaha baru,  dan penguatan industri kecil. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Sorong Selatan, Dance Y. Flassy pada acara Pelatihan Pengembangan Ekonomi Kreatif Masyarakat Lokal tanggal 26 Maret 2019 di Kampung Seribau, Distrik Teminabuan, Sorong Selatan.  

Lebih jauh Sekda Sorsel mengingatkan kembali, bahwa kemandirian dapat terwujud karena perekonomian tumbuh bersumber dari kekuatan endogen (lokal), dimana masyarakat sendiri yang banyak berperan dengan memanfaatkan kearifan lokalnya. Melalui pemberdayaan terbuka peluang untuk mentransformasikan usaha kecil menjadi skala menengah dan bahkan menjadi besar. Pemanfaatan teknologi saat ini semakin membuka peluang ini. Selanjutnya Sekda Sorsel berharap, upaya-upaya pemberdayaan seperti ini juga akan mendorong terjadinya perubahan dari sistem tradisional ke sistem ekonomi modern. Artinya, perubahan akan berdampak pada aspek kelembagaan, penguasaan teknologi dimana penguatan kapasitas SDM menjadi aspek sentral yang selalu harus diperhatikan. Di sisi lain, membangun jejaring baik untuk penguatan produksi hingga pemasaran berperan penting dalam pemberdayaan ekonomi lokal. Menjalin kemitraan bukan terbatas pada pola business to business, melainkan juga dengan pemerintah daerah. Dalam konteks kebijakan, program pemberdayaan ekonomi lokal, seperti melalui pelatihan ini bersifat stimulus bagi masyarakat. Melalui pemberdayaan masyarakat, khususnya perempuan juga diharapkan dapat mendorong tumbuhkembangnya wirausahawan baru, khususnya juga dari kalangan industri kecil. Dalam pelatihan ini dibahas tentang produk-produk lokal berbasis budaya, seperti a.l. jaring tradisional penangkapan ikan dan udang dan produk kerajinan lainnya.

 

 

Design & Development by Teramatics
Clicky Web Analytics